ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN HIAS DI TOKO KIEL AQUARIUM, KELURAHAN OESAPA BARAT-KOTA KUPANG

Orci Yeprida Panab, Wahyu Dani Swari, Norsem Y. Malafu, Basry Y. Tang

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ikan hias di Toko Kiel Aquarium, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data primer dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi, dengan jumlah responden sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan uji statistik (uji analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ikan hias adalah faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologi (X4). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ikan hias di Toko Kiel Aquarium secara simultan dari variabel X1, X2, X3, dan X4 adalah sebesar 48,3%.

 

Kata kunci : perilaku konsumen, keputusan pembelian, ikan hia, Toko Kiel Aquarium


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.35726/jp.v30i1.7478

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Creative Commons License
Hak Cipta PARTNER mengikuti lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEKSASI :

Contact Person :

BASRY YADI TANG

PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG

JL. PROF. DR. HERMAN YOHANES KEL. LASIANA, P.O. BOX 1152, KUPANG 85011

TELP. (0380) 881600, FAKS. (0380) 881601
Telepon: +6285239379569
Email: p3m.politanikupang@gmail.com atau basrytang@gmail.com