Penerapan Teknologi Dalam Kerangka Peningkatan Produktivitas Usahatani Ternak

Obed Haba Nono, Petrus Kune, Agust R. Riwu, Kristomus Boimau

Abstrak


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk : 1) meningkatkan keterampilan mitra dalam mengunakan sejumlah teknologi tepat guna ;2) meningkatkan produktivitas aneka usaha. Hal ini sesuai dengan karakteristik  masalah  yang dihadapi mitra, yaitu : manajemen produksi yang mengacu kepada optimalisasi sumber daya untuk peningkatan produktivitas , terbatasnya peralatan produksi  dan aspek sosial ekonomi yang dialami 2 kelompok tani ternak yaitu Dahulu Rasa dan Tunas Baru.

Metode yang diterapkan adalah : (1) penentuan mitra dan jenis IPTEKS yang diterapkan adalah  observasi, wawancara mendalam sehingga penentuan mitra dilakukan secara purposive. (2) metoda dalam aplikasi IPTEKS berupa pelatihan, uji demoplot serta pendampingan. Demoplot berupa aplikasi dari sejumlah teknologi yaitu : (1) teknologi IPAT-BO untuk tanaman padi, (2) mesin tetas, (3) pembuatan reaktor/aplikasi biogas, dan (4)  pembuatan serta aplikasi pupuk organik berbahan baku lokal.

Hasil kegiatan berupa sejumlah produk meliputi : gabah, ternak ayam/babi bermutu, pupuk organik (padat dan cair) hasil aplikasinya: aneka sayur -mayur. Hasil biogas berupa :gas untuk memasak, pupuk organik (padat dan cair), kangkung  serta aneka sayuran organic. Kesimpulan : bentuk/jenis IPTEKS berupa  sejumlah teknologi tepat guna  berdampak kepada  : (1) hasil IPAT-BO sanggup meningkatkan produktivtas gabah sebesar 54,67 persen, efisiensi benih dan air sebesar 300% (2) efisiensi waktu dan produktivitas dan mutu ayam meningkat (3-3,5 kali lipat); (3) Produksi meningkat dan efisiensi input/waktu  untuk sayur organic (25-50%) dan (4) Efisiensi biaya penggunaan BBM dapat mencapai Rp. 8,76 juta pertahun dari 2 buah kompor dari sebuah reaktor biogas.

Kata kunci : teknologi, IPAT-BO, biogas, pupuk organik, mesin tetas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2016. Programa Penyuluhan Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan kehutanan Kec.Kupang Tengah

Dato, T.O.D, dkk. 2014. Penerapan Teknologi IPAT-BO dalam Laporan IbW Sabu Raijua. kerjasamaPemda Sabu Raijua dengan LPPM Undana, Politani dan Unkris Artha wacana Kupang.

Kune, P., Th. Mata Hine, dan Uli K. 2004. Pembudayaan Produksi dan Pemanfaatan Semen Cair Pejantan Unggul Guna Mengefektifan Kegiatan Inseminasi Buatan pada Sapi Bali dalam Meningkatkan Produktivitasnya. Buletin Perancangan dan Kaji Tindak. Edisi XV Bulan Juni 2004. Warta Pengabdian Kepada Masyarakat LPM Undana.

Ndoen, B. 2002. Aplikasi Teknologi Biogas pada usaha Penggemukan Sapi. Makalah Program KKU Dirjen Dikti. 24 -26 Juli 2002.

_________, 2010. Pengolahan limbah ternak menjadi bio - gas dan Pupuk Organik Padat dan cair .kegiatan penyuluhan di Desa oefafi kec. Kupang timur. Kab. Kupang.

Nono, O. H. ; J. Ly, 2000. Penerapan Teknologi Biogas Pada Usaha Ternak Babi Komersial. Laporan Vucer Program Dikti.

_________, Nono; P. Kune , B. Ndoen. 2011. IbM Kelompok Tani Ternak. Laporan penerapan IbM. LPM Undana

Wibowo, S. Murdinah, Y.N. Fawzya., 1988. Pedoman Mengelola Perusahaan Kecil. Penebar Swadaya. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.35726/jpmp.v4i2.341

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.