Pemeliharaan Calon Induk Koi (Cyprinus carpio, L) dengan Media Filter pada Sistem Resirkulasi

Shobikhuliatul Jannah Juanda, Ion Tarsardo Sianturi, M. Fajar Panuntun

Abstrak


Menurunnya mutu kualitas air dapat menyebabkan keracunan pada ikan, menaikkan derajat keasaman air, berkurangnya oksigen terlarut dalam air sehingga dapat memicu adanya infeksi penyakit dan bakteri serta defisinesi nutrisi (Suparlan et al., 2020). Salah satu usaha yang dilakukan guna mempertahankan mutu kualitas air budidaya adalah dengan penambahan filter pada sistem resirkulasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober sampai november 2021 yang berlokasi di Laboratorium Produksi dan Manajemen Budidaya Perikanan, Jurusan Perikanan dan Kelautan, Politeknik Pertanian Negeri Kupang. Bahan filter yang digunakan adalah dakron, arang, batu zeolit dan bioball yang disusun di dalam container. Wadah yang digunakan adalah kolam beton ukuran 2x1x1 m. Sistem resirkulasi disetting dengan mengalirkan air yang berada pada dasar kolam melalui pompa langsung menuju pipa dan kemudian menuju media filter. Hewan yang diujikan adalah ikan koi (Cyprinus carpio) dengan padat tebar 11 ekor per kolam. Metode yang digunakan adalah eksperimental skala laboratorium dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu: (A)Perlakuan sistem resirkulasi tanpa filter; (B)Perlakuan sistem resirkulasi dengan pemberian filter. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah: 1) Kualitas Air (DO, pH dan suhu) yang diukur dua kali sehari (pagi dan sore hari), 2) Pertumbuhan  ikan (panjang dan bobot akhir, pertumbuhan bobot dan panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik (SGR)), 3) Kelulushidupan, 4) Konversi pakan (FCR) selama pemeliharaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis varians untuk melihat beda nyata perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media filter pada sistem resirkulasi berpengaruh nyata terhadap panjang akhir ikan koi tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kualitas air, bobot akhir, pertumbuhan panjang dan berat mutlak, kelulushidupan dan nilai FCR. Perlakuan yang memberikan hasil panjang akhir lebih baik yaitu pada perlakuan B dengan panjang mencapai 32,21 cm sedangkan perlakuan A mencapai 31,09 cm.

Kata kunci : Ikan Koi, Filter, RAS, Pertumbuhan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfia, A. R., E. Arini dan T. Elfitasari. 2013. Pengaruh Kepadatan yang Berbeda terhadap Kelulushidupan dan Pertumbuhan Ikan Nila (Orechromis niloticus) pada Sistem Resirkulasi dengan Filter Bioball. Journal of Aquaculture Management and Technology, 2(3):86-93.

Darmayanti, L., Y. L. Handayani. 2011. Pengaruh Penambahan Media pada Sumur Resapan dalam Memperbaiki Kualitas Air Limbah Rumah Tangga. Jurnal Sains dan Teknologi, 10(2):61-66.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Kanisius. Yogyakarta.

Effendi, H., B.A. Utomo, G.M. Darmawangsa dan R.E. Karo-karo. 2015. Fitoremidiasi Limbah Budidaya Ikan Lele (Clarias sp.) dengan Kangkung (Ipomea aquatic) dan Pakcoy (Brassica rapa chinensis) dalam Sistem Resirkulasi. Ecolab, 9(2):47-104.

Gunawan, B.S., U.M. Tang dan H. Syawal. 2020. Efisiensi Penggunaan Jenis Filter dalam Sistem Resirkulasi terhadap Kelulushidupan dan Pertumbuhan Ikan Selais (Ompok hypophthalmus). Jurnal RUAYA, 8(2):98-103.

Lempang, M. 2014. Pembuatan dan Kegunaan Arang Aktif. Info Teknis EBONI, 11(2):65-80.

Nurhariati, M. Junaidi dan N. Diniarti. 2021. Pengaruh Komposisi Filter Terhadap Kualitas Air dan Pertumbuhan Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum) dengan Sistem Resirkulasi, Jurnal Ruaya, 9(2):17-27.

Kordi, K.M.G.H. 2010. Budidaya Bawal Iar Tawar di Kolam Terpal. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Muarif. 2016. Karakteristik Suhu Perairan di Kolam Budidaya Perikanan. Jurnal Mina Sains, 2(2):96-101.

Nasir, M. dan M. Khalil. 2016. Pengaruh Penggunaan Beberapa Jenis Filter Alami terhadap Pertumbuhan, Sintasan dan Kualitas Air dalam Pemeliharaan Ikan Mas (Cyprinus carpio). Acta Aquatica, 3(1):33-39.

Pramleonita, M., N. Yuliani, R. Arizal dan S.E. Wardoyo. 2018. Parameter Fisika dan Kimia Air Kolam Ikan Nila Hitam. Jurnal Sains Natural, 8(1):24-34.

Prasetyo, Y. 2018. Pengaruh Jenis Filter Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) Pada Media Pemeliharaan Air Payau Sistem Resirkulasi [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Riau.

Pratama, F.A., H. Harris dan S. Anwar. 2020. Pengaruh Perbedaan Media Filter dalam Resirkulasi terhadap Kualitas Air, Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio). Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan, 15(2):95-104

Prayogo, B.S. dan A. Manan. 2012. Eksploritasi Bakteri Indigen pada Pembenihan Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.) Sistem Resirkulasi Tertutup.. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan (52): 193-197.

Ridlo, A dan Subagiyo. 2013. Pertumbuhan, Rasio Konversi Pakan dan Kelulushidupan Udang Litopenaeus vannamei yang Diberi Pakan dengan Suplementasi Prebiotik FOS (Fruktooligosakarida). Buletin Oseanografi Mariana, 2(4):1-8.

Rizky, T.D.E., R. Ezraneti dan S. Adhar. 2015. Pengaruh Media Filter pada Sistem Resirkulasi Air untuk Pemeliharaan Ikan Koi (Cyprinus carpio L). Acta Aquatica, 2(2):97-100.

Sabrina, S. Ndobe, M. Tis’I dan D.T. Tobigo. 2018. Pertumbuhan Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio) pada Media Biofilter Berbeda. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, 12(3):215-224.

Samsundari, S. dan G.A. Wirawan. 2013. Analisis Penerapan Biofilter dalam Sistem Resirkulasi terhadap Mutu Kualitas Air Budidaya Ikan Sidat (Anguilla bicolor). Jurnal GAMMA, 8(2): 86-97.

Silaban, T.F., L. Santoso dan Suparmono. 2012. Dalam Peningkatan Kinerja Filter Air untuk Menurunkan Konsentrasi Amonia pada Pemeliharaan Ikan Mas (Cyprinus carpio), e-Jurnal Rekayasa Dan Teknologi Budidaya Perairan, 1(1):47-56.

Suparlan, A. Thaib, S. Aprilizar dan Nurhariyati. 2020. Kombinasi Filter pada Sistem Resirkulasi terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis Niloticus). Jurnal TILAPIA, 1(1):26-31.

Sutiana, Erlangga dan Zulfikar. 2017. Pengaruh Dosis Hormon rGH dan Tiroksin dalam Pakan terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Koi (Cyprinus carpio, L). Acta Aquatica, 4(2):76-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.35726/jvip.v3i1.714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.