Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Partner?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL PARTNER

Buletin Pertanian Terapan PARTNER menerima naskah berupa hasil-hasil penelitian terapan serta ulasan (review) tentang  Ilmu dan Teknologi: Agronomi, Perlindungan Tanaman, Ilmu Tanah, Kehutanan, Sosial-Ekonomi Pertanian /Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian, Peternakan, Kesehatan, Hewan dan Desain atau Rancang Bangun Model Teknologi Pertanian yang berbasis pada Pertanian Lahan Kering.

Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia. Editor akan menolak dan tidak berkewajiban mengembalikan naskah yang formatnya tidak sesuai dengan pedoman atau tidak memenuhi kaidah Bahasa Indonesia yang benar. Berhubung dengan terbatasnya jumlah artikel yang diterbitkan per edisi, maka terbit  atau tidaknya artikel yang dimasukkan menjadi kewenangan Editor.

Penulis diminta mengirimkan 2 (dua) eksemplar naskah asli dan dokumen (file) dalam format office 2007 didalam CD yang diberi label berisi nama penulis, nama file dan jenis office dokumen yang digunakan.

Naskah dikirim ke alamat Editor PARTNER: Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Jalan Adisucipto Penfui, P.O. Box 1152, Kupang 85001, Telp (0380) 881600, 881601, Fax (0380) 881601, email: partner_politanikoe@gmail.com. Pengirim naskah menyertakan alamat lengkap untuk memudahkan korespondensi.

Nakah diketik pada kertas ukuran A4, ketikan 1,5 spasi dengan menggunakan huruf Bookman Old Style berukuran 11 point dengan setup halaman: margin atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 3,5 cm dan kanan 2 cm. Jumlah halaman naskah maksimum 15 termasuk tabel dan gambar. Untuk naskah ulasan (review) ditulis sebagai naskah sinambung tanpa sub judul metode penelitian dan hasil pembahasan, maksimum 12 halaman termasuk gambar dan tabel. Nama Penulis tanpa gelar yang disertai catatan kaki nama lembaga tempat Penulis bekerja dicantumkan dibawah judul naskah.

Sistematika naskah laporan hasil penelitian adalah sebagai berikut:

  • ABSTRAK: ditulis dalam Bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa inggris. Abstrak berisi maksimum 150 kata secara singkat dan jelas memuat tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak disertai 3-7 kata kunci.
  • PENDAHULUAN: berisi tentang permasalahan penelitian, rencana pemecahannya, tujuan dan rangkuman teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti
  • METODE PENELITIAN: memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian(populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  • HASIL DAN PEMBAHASAN: memuat hasil-hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan interprestasi temuan.
  • KESIMPULAN DAN SARAN: berisi kesimpulan penelitian dan saran-saran yang mengacu pada hasil penelitian.
  • DAFTAR PUSTAKA: memuat sumber-sumber yang diacu dalam pelaksanaan penelitian. 

Sedangkan untuk naskah ulasan (review) sistematikanya adalah:

  • ABSTRAK: memuat ringkasan artikel maksimum 150 kata yang mencerminkan gambaran umum yang akan dibahas atau dikritisi. Abstrak disertai 3-7 kata kunci.
  • PENDAHULUAN: memuat hal-hal yang menarik perhatian dan memberi konteks bagi permasalahan yang dibahas, mengemukakan permasalahan dan tujuan pembahasan.
  • PEMECAHAN MASALAH: memuat kupasan permasalahan yang meliputi analisis, argumentasi atau komparasi, dan pendirian Penulis tentang permasalahan yang dibahas.
  • PENUTUP: memuat penegasan sikap atas masalah yang dibahas, termasuk saran-saran dan sikap alternatif jika ada.
  • DAFTAR PUSTAKA: memuat sumber-sumber yang diacu dalam penulisan.

Tabel dibuat dalam bentuk terbuka dan berisi nomor tabel serta judul.Judul tabel dan atau gambar harus singkat.Judul tabel diketik di atas tabel sedangkan judul gambar diketik di bawah gambar (menggunakan huruf berukuran 9 pt). Semua Tabel atau Gambar yang diperlukan dapat dimasukkan kedalam  batang tulisan (bukan dalam lampiran). Segala bentuk lampiran sedapat mungkin ditiadakan.

Contoh tabel:

 

Rujukan dalam teks menggunakan sistem penulisan dan tahun, misalnya: Tester (2008) atau (Tester, 2008); Munns dan Tester (2009) atau (Munns dan Tester, 2009), Tester et al. (2010) atau (Tester et al., 2010); Sembiring dkk (2010) atau (Sembiring dkk, 2010). Kata et al. (untuk penulis asing) dan dkk apabila penulisnya lebih dari 2 orang. Contoh untuk kutipan sekunder: Munss (2009 dalam Sembiring, 2010) atau (Munss, 2009 dalam Sembiring, 2010).

Daftar pustaka ditulis alphabetis sesuai dengan nama akhir (tanpa gelar akademik), baik penulis asing maupun Indonesia.

Contoh penulisan Daftar Pustaka:    

 

  • Referensi dari Buku:

Satu Penulis

Brigham, Eugene F. 1992. Fundamental of Financial Management.Sixth edition.The Driden Press. Fort Worth.

Dua Penulis atau lebih

Brigham, Eugene F dan Virginia H. Graves. 1993. Business Mathematics. Sixth Edition.Prentice Hall. New Jersey 

  • Referensi Jurnal Ilmiah

Basarab, David J. 1990. Calculating the Return of Training Investment.Journal of Evolution Practice. Vol. 11, No.3, Oct.1990: 177-185.

  • Referensi dari Surat Kabar

Suwantono, A. 1995.Keanekaragaman Hayati Mikroorganisme: Menghargai Mikroba Bangsa. Kompas, 24 Desember 1995. P.13.

  • Referensi dari Instansi/penulis tidak diketahui

          Ikatan Akuntasi Indonesia. 1994. Standar Profesional Akuntasi Publik. Divisi Penerbitan IAI. Jakarta.

  • Naskah Tidak Diterbitkan

          Batoa, M.H. 1985. Perception, Attitudes and Levels of Participation of Farmer-Members of ‘Koperasi Unit Desa’ In Southeast Sulawesi Indonesia.Unpublished Masteral Thesis.University of Philippine at Los Banos.

          Benu, F. 2002. Rancang Bangun Pengembangan Kawasan Agribinis terpadu di Daerah Pedesaan Nusa tenggara Timur. Laporan Penelitian. Faperta Undana. Kupang

          Untung, K. 1992. Pengorganisasian dan Pelaksaanan PHT di Areal Perekbunan.Makalah Disampaikan pada Rapat Koordinasi Perlindungan tanaman Perkebunan 21-23 januari 1992. Jakarta.

  • Referensi dari Situs Internet

          Duvick, Donald N. 2005. “Consequences of Classical Plant Breeding for Pest Resistance”.Iowa StateUniversity.http://www.isb.vt.edu/proceeding99/proceeding.duvick.html.28k-80/07/08/05.07Juli 2005*).

             *)Tanggal yang dicantumkan adalah tanggal pada saat browsing



Setiap naskah yang dimuat dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000,- per artikel dan kepada penulis akan dikirimkan dua eksemplar sebagai bukti pemuatan artikel pada nomor terbitan tersebut dan pembelian setiap eksemplar PARTNER oleh Penulis atau orang lain dikenakan biaya Rp. 75.000,-. Pembayaran langsung ke alamat Tim Editor PARTNER.

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Tulisan belum pernah dipublikasikan atau dimasukkan pada Jurnal lain.
  2. File naskah tulisan dibuat dalam format file dokumen Microsoft Word.
  3. Tulisan sudah sesuai dengan panduan penulisan Jurnal Partner.
  4. Semua penulis telah membaca dan menyetujui tulisan ini
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Jurnal PARTNER merupakan jurnal akses terbuka. Publikasi pada jurnal ini berarti menyetujui tulisan dapat diakses secara bebas oleh publik

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.